TREND COFFEE SHOP DI BANDAR LAMPUNG DAN STRATEGI DALAM BERTAHAN DI TENGAH BANYAKNYA COFFEE SHOP DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Banyak masyarakat yang memanfaatkan kopi untuk diolah menjadi minuman ataupun makanan. Terlebih saat ini kopi merupakan minuman yang paling banyak diminati masyarakat.  Tidak  hanya  orang  tua,  saat  ini  kopi sudah menjadi  minuman  untuk semua kalangan dengan olahan yang bervariasi. Di Bandar Lampung usaha kopi atau yang dikenal dengan sebutan coffee shop sedang mengalami kenaikan yang signifikan. Piene Coffee merupakan salah satu coffee shop yang ada di tengah kota Bandar Lampung yang menjual kopi susu. Perkembangan coffee shop yang makin hari makin meningkat yang mengharuskan pihak manajemen mempunyai strategi untuk tetap bertahan ditengah banyaknya coffee shop yang bermunculan di Bandar Lampung. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalisis strategi pemasaran Piene Coffee dalam bertahan ditengah banyaknya coffee shop di Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikana kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stategi pemasaran yang dilakukan oleh Piene Coffe Shop untuk bertahan di tengah banyaknya Coffe Shop yang ada di Bandar Lampung, yaitu dengan menggunakan teknik Social Media Marketing dan Endorsement.
Downloads
