PERAN INSTITUSI PENDIDIKAN DALAM MENCEGAH TERJADINYA TINDAK KEKERASAN PADA ANAK (STUDI KASUS DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG)
Abstract
Kekerasan pada anak kerap terjadi di lingkungan sekolah, peran institusi pendidikan menjadi kunci untuk mengatasi dan mencegah terjadinya tindak kekerasan tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran institusi pendidikan MAN 1 Bandar Lampung dalam melakukan pencegahan terjadinya kekerasan pada seorang anak di sekolah dan apa saja hambatan institusi pendidikan MAN 1 Bandar Lampung dalam melakukan pencegahan kekerasan pada anak di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian yang bersifat menjelaskan, mengelola, menggambarkan, dan menafsirkan hasil penelitian dengan susunan kata dan kalimat sebagai jawaban atas permasalahan yang terjadi.Upaya-upaya preventif yang dilakukan MAN 1 Bandar Lampung dalam mencegah adanya tindak kekerasan yang dilakukan pada anak di sekolah adalah seperti sosialisasi kepada siswa, membuat tata tertib sekolah, menyediakan berbagai ekstrakulikuler untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, hingga bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait guna tercapainya lingkungan sekolah ramah anak. Hambatan yang dialami MAN 1 Bandar Lampung adalah kurangnya komunikasi anak dan orang tua serta kurangnya perhatian yang didapat oleh anak sehingga anak merasa rendah diri dan takut untuk speak up dengan apa yang ia alami, anak merasa enggan melaporkan kekerasan yang dialaminya karena takut mendapatkan perlakuan yang lebih parah dari sebelumnya.Diharapkan kepada instansi pendidikan untuk lebih memperhatikan siswa-siswi nya agar kekerasan yang mereka lakukan atau yang mereka terima dapat di minimalisir sehingga terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.