ANALISIS KEPERCAYAAN (TRUST) DALAM PEMBELIAN DI TOKO ONLINE
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) menganalisis kepercayaan (trust) konsumen yang melakukan pembelian secara online, (2) memperoleh gambaran tentang sebab-sebab konsumen memutuskan untuk melakukan belanja online, dan (3) perubahan yang terjadi pada kepercayaan (trust) konsumen setelah adanya trend belanja online. Penelitian ini dilakukan kepada netizen, khususnya masyarakat perkotaan sebagai konsumen belanja secara online. Penganmbilan sampel pada penlitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian diolah dengan mereduksi dan menyajikan data penelitin sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belanja online dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu adanya kepercayaan (trust) terhadap e-commerce, adanya kemudahan dalam berbelanja online, kualitas informasi produk, kualitas toko, serta jaminan keamanan dalam bertransaksi. Proses terbentuknya trust dalam belanja online disebabkan karena adanya nilai dan norma yang diberikan oleh toko online kepada konsumen, seperti kejelasan alamat, kejelasan produk, kejujuran dalam memberikan informasi produk, dan memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Trend belanja online dapat berdampak terhadap perubahan trust dalam aktivitas belanja, yaitu trust pada pembelian online tidak hanya menyangkut hubungan antara penjual dengan pembeli saja, tetapi juga berkaitan dengan dunia digital, sehingga trust dalam e-commerce berbeda dengan trust tradisional karena melibatkan teknologi, aspek privasi, sistem pembayaran yang beragam, serta ketersediaan infrastruktur e-business.